Rabu, 08 April 2015

Cara Buat Feed Blog ke FeedBurner

Artikel ini adalah lanjutan dari sekuel pertama mengenai Feed dan URL Feed Blogger. Blogger memiliki default feed platforms yg tentu saja masih memiliki beberapa kekurangan. Sehingga diperlukan adanya service atau layanan lain yg dapat mengoptimalkan publikasi feed agar dapat dijangkau lebih luas & dapat dilihat dalam berbagai macam tampilan platform. Artikel ini juga diposting sebagai respon atas permintaan sobat-sobat blogger yang pernah menanyakan tentang FeedBurner & masih belum menggunakan layanan FeedBurner

FeedBurner adalah layanan gratis yg disediakan oleh Google untuk melakukan manajemen serta kontrol feed blog/web yang lebih maksimal. Ada banyak fitur yang memungkinkan kita melakukan kostumisasi feed, analisis feed, optimisasi feed, serta publikasi feed dengan tampilan setting yg mudah dan memiliki banyak opsi. Ada pula layanan yang memudahkan pengunjung blog untuk berlangganan konten blog melalui email hanya dengan beberapa langkah saja. Bahkan dengan FeedBurner, anda dapat menyisipkan Adsense for Feeds jika anda memiliki account Adsense dan ingin memonetasi feed. Dalam tutorial ini, saya secara singkat akan menunjukkan bagaimana cara membuat Feed di FeedBurner & meredirect feed Blogger ke FeedBurner .

Pada dasarnya, url Blog Berplatform Blogger adalah seperti contoh berikut:
http://buka-rahasia.blogspot.com/feeds/posts/default
atau
http://buka-rahasia.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss

Setelah diredirect ke FeedBurner, url feed menjadi seperti contoh berikut:
http://feeds.feedburner.com/blogspot/bukarahasia 
http://feeds.feedburner.com/bukarahasia

Cara Membuat Feed di FeedBurner

1. Masuk Ke FeedBurner & login dengan Akun Google.
2. Masukkan url feed blog Blogger ke kolom "Burn a feed right this instant."
contoh: http://buka-rahasia.blogspot.com/feeds/posts/default. Kemudian klik tombol "Next".
3. Jika feed dibaca dengan baik, maka feed akan terverifikasi. Secara otomatis, nama feed (title) akan diambil dari feed Blogger yg terbaca dan url FeedBurner pun akan terbuat secara otomatis. Lakukan kostumisasi nama feed & URL sesuai dengan yang diinginkan melalui 2 kolom yang tersedia. Kemudian klik "Next" untuk melanjutkan proses feed burning.
4. Setelah proses selesai, akan ada konfirmasi bahwa feed telah berhasil dibuat dan siap dipublikasikan. Kemudian akan anda tawaran untuk menambahkan fitur feed stats atau fitur untuk melihat perkembangan statistik feed. Klik "Next".
5. Selanjutnya, centang beberapa opsi penampilan statistik, yaitu clickthrough, seberapa banyak orang melakukan klik ke link yang menuju blog dari feed, dan item views (jumlah view feed, seperti pasgeview blog), jumlah sindikasi, popularitas, dan reach. Khusus untuk podcast blog, centang juga item enclosure downloads. Bagi blog biasa, tinggalkan bagian tersebut.
6. Feed blog di feedburner telah berhasil dibuat. Kini anda tinggal menggunakan link feedburner blog untuk melakukan redirect dan juga dapat dipasang dimanapun agar pengunjung mudah menemukan.

Cara Redirect URL Feed Blog Ke FeedBurner

Langkah membuat feed burner belum selesai karena url feed blog default-nya belum diredirect/diarahkan ke feedburner. Artinya, nanti setelah feed diredirect, setiap anda atau pengunjung masuk ke halaman feed blog asli (http://buka-rahasia.blogspot.com/feeds/posts/default) maka akan diredirect ke feed di FeedBurner (http://feeds.feedburner.com/blogspot/bukarahasia).
Coba ketikkan saja di browser: http://buka-rahasia.blogspot.com/feeds/posts/default dan enter untuk lihat hasilnya.
1. Masuk ke Dashboard > Settings > Other (Dashboard Blogger Baru) atau Dashboard > Settings > Site Feed (Dashboard lama).
2. Masukkan url feed blog di feedburner ke kolom Post Feed Redirect URL.
3. Klik "Save Settings" 

Sekarang dengan menggunakan layanan FeedBurner, feed blog anda telah memiliki fitur yang lebih lengkap yg memungkinkan anda untuk melakukan berbagai macam optimisasi dan pengayaan fungsi.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com