Rabu, 20 Mei 2015

Cara Membuat Facebook Comment Box & Like Box

Halo sobat semua, rasanya seperti sudah bertahun-tahun tidak update  Yah, memang alasannya cukup klise, kesibukan dunia offline, tapi memang itu kenyataannya. :) Bahkan untuk approve dan menjawab ribuan komentar baru pun belum bisa dilakukan sepenuhnya. Jadi buat anda yang komentarnya belum diterbitkan dan dijawab - khususnya komentar penting yang berisi pertanyaan seputar Blogger, Adsense, dan SEO - saya mohon maaf. Beberapa sobat blogger lain biasanya "mengakali" dengan menyambangi akun facebook saya, dan menanyakan beberapa hal. :)

Baik, mari langsung menuju topik yang sedang hangat-hangatnya saat ini, "RESPONSIVENESS".
Sekarang lagi musimnya segala sesuatu yang berbau desain responsif: template, theme, layout widget, gambar, bahkan hingga iklan pun kini harus responsif, ya gak? (ke depan akan saya bahas tentang layout responsif pada iklan Google Adsense, baik yang synchronous maupun asynchronous). Untuk blog ini, saya membiarkannya ala kadarnya saja lah :). Hehe. Saya mengandalkan mobile template yang masih cukup efektif. Tapi bagi sobat blogger yang menggunakan responsive template, maka mobile template tidak penting, tidak perlu, dan sebaiknya dimatikan, sebab template responsif anda tidak akan berfungsi dengan baik jika mobile template tetap aktif. Konsep responsif adalah satu untuk semua, artinya satu theme atau template untuk semua device, tidak terpisah-pisah.
Namun demikian, ada satu elemen yang cukup luput dari perhatian. Pernahkah melihat widget Facebook comment box pada template responsif tampak aneh karena lebar dan tingginya tetap lantaran tidak ikut responsive? Pernahkah melihat widget facebook like box yang lebarnya melebihi sidebar karena tidak ikut berubah ukuran setelah browser di-resize? Tentu tampak aneh bukan? Karena secara default CSS kedua plugin Facebook tersebut belum menggunakan konsep responsif, maka perlu kita lakukan override atau hack agar keduanya mengikuti aturan responsif sesuai template.

Biasanya untuk mencapai derajat responsiveness, kita dapat menggunakan CSS media queries. Namun dalam hal ini, tidak diperlukan, karena yang dibutuhkan hanyalah membuat lebar (width) Facebook comment box dan like box mengikuti lebar wrapper dimana keduanya disisipkan (embed). Jadi daripada membuat definisi lebar, tinggi, dan margin dalam bentuk fixed, cukup gunakan persentase saja, agar widget mengikuti semua aturan wrappernya.
Setelah kuncinya ditemukan, yang perlu dicari adalah class-class yang digunakan oleh facebook comment box dan like box untuk mengatur tampilan plugin. 
Di atas adalah contoh-contoh class yang bisa diambil dari comment box. Ada beberapa class lain yang juga perlu dilihat dan diubah.
Berikut adalah 4 yang pokok dari styling comment box dan like box:
  • fb-comments
  • fb-comments iframe[style] 
  • fb-like-box 
  • fb-like-box iframe[style]
Setelah mendapatkan class-class yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah menambahkan aturan width yang otomatis mengikuti perubahan lebar wrapper dimana widget/plugin disisipkan. Caranya? Cukup berikan aturan width: 100%, beres. Tambahkan !important jika diperlukan untuk memaksa browser mematuhi aturan tersebut.
Jadi kita dapatkan:
.fb-comments, .fb-comments iframe[style], .fb-like-box, .fb-like-box iframe[style] {width: 100% !important;}
Jika anda pengguna Blogger, letakkan kode di atas diantara tag b:skin di dalam template. Untuk pengguna WordPress yang ingin membuat facebook comment box dan like box responsive, cukup tambahkan kode CSS tersebut ke dalam file style.css, atau lokasi custom CSS sesuai yang telah disediakan oleh theme atau plugin anda.
Jika ingin menggunakannya secara terpisah dari CSS lain, baik pada Blogger maupun WordPress, gunakan tag style pada CSS. Cari </head> di dalam template, dan letakkan kode berikut di atasnya.
<style type="text/css">
.fb-comments, .fb-comments iframe[style], .fb-like-box, .fb-like-box iframe[style] {width: 100% !important;}
</style>
Note:
- Blogger: Dashboard > Template > Edit HTML > Ctrl+F, cari </head>
- WordPress: Dashboard > Appearance > Editor > Header.php > Ctrl+F, cari </head>
Jika dalam suatu kasus kode di atas tidak berhasil membuat keduanya responsif, ada kemungkinan kode CSS pada FB Comment dan Like Box anda dilingkupi oleh elemen span, ini biasanya karena modifikasi oleh plugin. Ganti dengan class-class berikut:
.fb-comments span, .fb-comments iframe span[style], .fb-like-box span, .fb-like-box iframe span[style] {width: 100% !important;}

Tentunya efek responsif pada comment box dan like box mengikuti template atau theme yang responsif, jadi ini tidak berlaku pada template atau theme non-responsive. Bagi anda yang menggunakan template atau theme non-responsive seperti blog ini, tidak perlu dan tidak ada efeknya.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com