Senin, 18 Mei 2015

Membuat Halaman About Me di Blog

Tips ini dibuat setelah saya melihat ada banyak incoming search tentang "cara membuat halaman/page about me". Sebenarnya about me, atau lazim juga disebut sebagai about us, tentang saya, atau tentang kami, adalah halaman atau bagian khusus dari sebuah website/blog yang berisi informasi dan garis besar isi blog/web serta penulisnya. Sebagai bagian dari blog/web, about me sifatnya relatif dan tergantung pada muatan umum dari blog/web itu sendiri. Dengan demikian, pada akhirnya halaman atau bagian about me bersifat subjektif dan terserah pada penulis blog/web itu sendiri untuk mendesain isinya.

Namun demikian, menurut saya, setidaknya ada 4 hal utama sebagai bagian penting dan informatif dari halaman about me/tentang saya dan sekaligus menjadi tips untuk membuat halaman atau bagian "about me":
1. Isi halaman about me dengan informasi mengenai diri anda namun jangan terlalu detil. Untuk memberikan informasi lebih lanjut, beri link account twitter, facebook, atau pun social media lainnya.
2. Tambahkan informasi mengenai pengalaman anda dalam satu atau beberapa hal. Jika blog atau web anda membahas tentang suatu topik/tema tertentu, tambahkan informasi mengenai pengalaman anda di bidang tersebut dan alasan kuat yang menunjukkan anda menguasai suatu bidang keahlian dan layak memuat dan membahas tentang topik/tema tertentu.
3. Sertakan link-link dari web/blog anda yang lain serta link-link yang menurut anda penting untuk diikutsertakan dalam "about me". Ini berfungsi untuk mempromosikan web/blog anda yang lain dan menunjukkan hal-hal mengenai pribadi dan keahlian/kemahiran/dan ketertarikan anda di bidang lain.
4. Sertakan link kontak atau alamat kontak dimana pembaca blog yang tertarik dengan anda dan membutuhkan informasi atau jasa dapat dengan mudah melakukan kontak. Untuk privacy dan menghindari spam ke email, saya sarankan gunakan "contact form/contact me".

Dengan memuat poin-poin tersebut dalam about me, setidaknya ada beberapa keuntungan yang didapat:
1. Memberi informasi mengenai pribadi, kemahiran/pengalaman/hobi, serta garis besar topik/tema yang diusung dalam blog anda.
2. Memberi keyakinan dan alasan kuat bagi pengunjung/pembaca mengapa dia harus membaca artikel-artikel blog anda.
3. Mempromosikan diri anda sebagai seseorang dengan keahlian di bidang tertentu. Apabila ada pembaca yang tertarik dan mengontak anda, maka kesempatan untuk mendapatkan tambahan finansial, pekerjaan, (sebagai penulis, misalnya) dan bahkan popularitas akan terbuka lebar. 
4. Setiap orang dapat menulis blog, akan tetapi, menurut pengalaman, kebanyakan pembaca mencari blogger-blogger yang gaya menulisnya khas, unik, menyenangkan, dan tentunya menguasai apa yang ditulisnya. Maka, tidak ada salahnya pula, jika anda menyampaikan poin-poin mengapa para pembaca harus membaca, mengikuti, dan merasa bahwa apa yang anda tulis memiliki nilai penting (value) bagi mereka.

Dalam kaitan membuat halaman "about me", sebenarnya untuk blog semacam Blogger, anda dapat langsung menggunakan halaman profil account Blogger sebagai halaman about me, karena telah memiliki fitur-fitur yang dapat dengan mudah diisi dengan informasi-informasi penting seperti yang telah disampaikan di atas. Anda dapat dengan mudah pula mencantumkan linknya di link list/menu atau pun membuat widget "about me/tentang saya" di blog (yang telah disediakan oleh Blogger). Akan tetapi, jika ingin membuat halaman about me secara khusus, buatlah di halaman statis karena sifatnya yang timeless (tidak mengandung bagian link yang memuat tanggal dan bulan) serta tidak menjadi bagian posting.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com