Poin penting dalam membuat blog sebagai sarana bisnis secara online
adalah pemahaman terhadap blog dan dunia web. Dengan memahami
fungsi-fungsi dasarnya, penggunaan blog sebagai lahan bisnis dapat
menjadi optimal dan berdampak signifikan. Berbagai macam alasan dan
latar belakang digunakan untuk menguatkan penggunaan blog sebagai sarana
ber-bisnis, mulai dari sifatnya yang non-statis, murah, dan bahkan
gratis. Namun, ada banyak lagi hal yang mesti diperhatikan agar blog
benar-benar menjadi sarana efektif untuk menyuarakan promosi produk yang
terdengar hingga ke khalayak luas tanpa mengurangi kualitas serta
tujuan akhirnya: Uang.
Perbedaan Website dan Blog
Meskipun
saat ini pemahaman antara blog dan website sudah semakin kabur, namun
ada baiknya kita lihat signifikansi perbedaannya hingga memunculkan
istilah "blog" dan "website".
Secara struktural, perbedaan
website dan blog adalah pada jenis halaman. Halaman-halaman utama
website bersifat statis, sedangkan halaman blog bersifat non-statis
dimana content-nya selalu berubah dan bertambah. Secara fungsional,
sebuah website berisi halaman-halaman formal yang memuat berbagai macam
fitur sesuai dengan tujuan pembuatan web tanpa melibatkan interaksi
langsung. Website digunakan sebagai base (situs resmi) dimana semua
bentuk product diperlihatkan dan transaksi dilakukan. Sedangkan sebuah
blog (awalnya weblog) berfungsi sebagai "online diary". Seorang
blogger dapat menuangkan pemikiran, ide/pendapat, cerita, maupun
informasi secara lebih personal dan juga dapat langsung mendapatkan
respon dari pengunjung/blogger lain melalui komentar. Blog terdiri dari
urutan posting yang terus terupdate mengikuti proses yang dialami oleh
penulisnya. Posting terbaru biasanya terletak di bagian atas diikuti
oleh posting-posting yang lebih lama di bawahnya. Website sebenarnya
dapat menggunakan fitur forum atau thread untuk meng-cover diskusi dengan pengunjung, namun cara ini dipandang kurang efektif.
Mengapa Para Pe-Bisnis Memilih Blog untuk Memasarkan Produk?
Kita
lihat semakin banyak perusahaan maupun personal yang bergerak di bidang
bisnis berbondong-bondong membuat atau menggunakan blog sebagai sarana
penjualan produk, baik secara terpisah maupun menyatu sebagai bagian
dari website resminya.
Ada banyak keuntungan dan alasan menggunakan blog sebagai sarana periklanan (promosi) dan pemasaran produk. Setidaknya, berikut 4 poin pentingnya:
1. Blog lebih mudah dan lebih cepat dibuat.
2. Membutuhkan biaya rendah dan bahkan gratis, baik dalam pembuatannya maupun sebagai sarana periklanan (advertising).
3. Blog berisi artikel/posting tentang suatu informasi yang terus ter-update.
Kemungkinan jumlah dan update artikel berarti kemungkinan pula akan
semakin sering dan mudahnya artikel/posting tersebut ditemukan di search
engine. Pengunjung rata-rata memilih mencari informasi melalui search
engine. Selain itu, pengunjung lebih memilih mencari informasi yang up-to-date,
sehingga mereka lebih menyukai berkunjung ke blog-blog yang berisi
review dan informasi terakhir daripada mengunjung website konvensional
dari produk yang dicarinya. Fakta lain, search engine didominasi oleh
artikel-artikel blog yang dinamis dan bukan oleh website.
4. Traffic ke website akan semakin meningkat dengan datangnya pengunjung dari blog yang merujuk (linking back) ke website tersebut; sehingga, kemungkinan terjadinya transaksi penjualan semakin besar.
Apa dan Mengapa Harus Ada Landing Page? Kaitannya dengan Blog Apa?
Landing
page adalah halaman tujuan akhir pengunjung yang datang dari klik pada
iklan (misalnya: PPC), link yang ditebar, link dari blog yang memuatnya,
marketing campaign (contoh: Google Adwords), link dari email,
comment di blog, link di sidebar blog, dan lain-lain. Fungsi dari
landing page adalah untuk memikat pengunjung, memperbesar ketertarikan,
memperkecil penolakan, menjaring email, dan menjadi langkah awal sebelum
transaksi sebenarnya terjadi (yang kemudian, jika berhasil, berakhir
dengan transaksi di website resmi). Sebagai contoh, anda bisa melihat
landing page bisnis online milik Pak Joko Susilo, di sini (berupa halaman penjaring email), atau di sini (berupa website).
Kaitannya dengan Blog, posting blog dapat menjadi alat ampuh untuk mengarahkan traffic (driving traffic)
ke landing page tersebut. Selain karena traffic dari search engine ke
blog dapat dikontrol dan ditingkatkan, blog merupakan sarana termurah
(bahkan gratis) dibanding menggunakan sarana iklan atau marketing campaign.
Menggunakan landing page adalah
salah satu cara, apabila anda ingin traffic langsung terarah ke website
resmi/blog itu sendiri, itu tidak masalah, asalkan halaman web/blog yang
dituju memiliki konten yang memikat serta lebih meningkatkan minat
pengunjung dan menawarkan kemudahan bertransaksi, hingga akhirnya dia
memutuskan bertransaksi.
Posting Blog Berkualitas dan SEO
Blog
yang memiliki kualitas konten yang baik serta SEO yang terbangun secara
optimal dapat meningkatkan minat dan jumlah klik pengunjung (traffic)
baik ke website maupun ke landing page. Tentunya, untuk mencapai jumlah
kunjungan awal ke blog tersebut, SEO blog
tersebut harus baik. SEO blog dan pagerank tinggi (setidaknya dalam
SERP) dapat memperkuat visibilitas dan popularitas website/halaman yang
dituju di mata search engine serta mengarahkan traffic yang banyak.
Itulah mengapa banyak perusahaan maupun personal yang bergerak di bidang
bisnis beramai--ramai mengadakan kontes SEO. Tujuannya jelas untuk
memperkuat popularitas dan rank blog/webnya di search engine serta
mendapatkan traffic yang banyak. Jika peserta kontes SEO berjumlah
ribuan, dan semuanya memiliki SEO yang baik, dapat dibayangkan seberapa
besar kekuatan SEO website penyelenggara kontes tersebut, bukan?
Kembali ke kualitas posting dan
SEO-nya. Review yang seimbang dan menggunakan dasar-dasar pemikirian,
referensi, serta research (meskipun kecil-kecilan) dapat menghasilkan
kualitas posting yang tinggi. Penggunaan bahasa serta pengolahan kata
yang matang merupakan strategi handal dalam menghasilkan tulisan yang
tepat sasaran. Intelektualitas pengolahan kata memang sangat penting
dalam mengajak, merayu, dan mempengaruhi pengunjung. Sebagai
penyempurnaan akhir, pengolahan dan tata letak keyword, penanaman link pada keyword tertentu,
adalah finishing puncak untuk memperkuat SERP posting tersebut. Harus
diakui, pekerjaan menulis blog bukanlah pekerjaan yang mudah dan harus
menjadi perhatian penuh karena di situlah letak kekuatan utamanya. Blogging is writing.
Update
posting serta variasi informasi juga merupakan strategi agar pengunjung
selalu mendapatkan update informasi yang aktual. Jumlah posting yang
banyak pun merupakan cara untuk menunjukkan kepada pengunjung berbagai
macam informasi mengenai produk-produk yang ditawarkan. Beberapa waktu
yang lalu, ada pengunjung yang bertanya melalui komentar di posting Tips: Cara Membuat dan Membangun Blog Secara Efektif:
Kalau blogspotnya kita pakai untuk jualan dan produknya gak banyak, kan susah nulis artikelnya banyak2 Mas
Ada pula komentar di posting Hadiah Istimewa dari Google: PageRank Update! (Juni 2011):
kalau bikin blog untuk jualan dan jualannya sedikit, susah ya dapetin PRnya google?
Kedua pertanyaan di atas berpokok pada jumlah posting. Berikut balasan komentar saya:
Ada perbedaan antara blog dan website. Blog bersifat lebih dinamis dan selalu bersifat update (seperti koran/majalah, berita tv, dll, inilah makanya blog punya istilah "posting"). buat artikel2 yang berkaitan dengan produk2 yang anda jual. Artikel yang lebih banyak akan memiliki kemungkinan kunjungan dan pageview yang lebih banyak pula. berikan informasi yang bermanfaat, solutif, memberi wacana, dan berkaitan dengan produk2 tersebut dan akhirnya mengarah ke landing page (website)/produk, dimana semua transaksi akhirnya terjadi. Search engine juga akan lebih banyak mengindeks halaman2, dan jika niche-nya jelas, ranking (SERP) akan lebih mudah didapat. Akan saya ulas ini ke depan dengan lengkap bersama strateginya. Insya Allah :D
Jumlah
produk sedikit bukan berarti posting blog harus sedikit. Perbesar
kemungkinan kunjungan dengan membuat posting yang variatif dan terus
di-update lalu lakukan peningkatan SEO blog dan posting-posting tersebut.
Oleh karena itu, kita sering
melihat banyak usaha bisnis yang dilakukan secara online menyewa penulis
blog untuk membuat posting yang berkualitas dan kontinyu. Akhirnya
dikenal-lah istilah copywriting (jasa penulisan artikel blog) dan
copywriter (penulis artikel blog). Jika berkaitan dengan SEO, kemudian
kita kenal pula SEO copywirting dan SEO copywriter. Apabila tidak ada
waktu atau menurut anda pekerjaan menulis adalah sesuatu yang terlalu
menyita pemikiran, anda dapat menggunakan jasa copywriter. Jangan
sekali-kali menggunakan artikel hasil copy paste karena itu sangat
merugikan dan merusak kredibilitas nama anda serta nama
perusahaan/produk.
Jika waktu adalah uang, dan
usaha penulisan blog membutuhkan waktu banyak, anda dapat mengontak
copywriter yang banyak ditemui di forum-forum ataupun situs-situs lelang
(bidding) pekerjaan menulis (writing job). Saya sering pula menerima
pekerjaan copywriting dari beberapa website atau perusahaan untuk
menuliskan artikel blog baik pada blog milik website peminta jasa atau
pada blog bisnis saya. Jika berminat lihat halaman Advertise untuk ketentuannya dan juga bisa kontak saya langsung melalui Contact Me untuk pembicaraan lebih lanjut.
Sumber : http://buka-rahasia.blogspot.com
0 komentar:
Posting Komentar