Jumat, 10 April 2015

Facebook Insights Mengembangkan Blog/Website di Facebook

Apa itu Facebook Insights?

Facebook Insights adalah salah satu layanan dan aplikasi developer berplatform Facebook yg berfungsi untuk melihat, menganalisa, dan memahami berbagai trend user, demografi, tingkat konsumsi konten, tingkat popularitas konten, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan Facebook Insights, para pemilik page Facebook dan developer platform dapat melakukan usaha-usaha peningkatan produk, bisnis, serta aplikasi dengan tepat sesuai kebutuhan user. Nah, saat ini, Facebook Insights tidak hanya bisa dipakai untuk Facebook Page maupun aplikasi Facebook. Para pemilik blog/website kini dapat menggunakan - mengintegrasikan Facebook Insights dengan blog/website untuk mengetahui perkembangan dan popularitasnya di mata pengguna Facebook.

Dengan menggunakan Facebook Insights, para blogger atau webmaster dapat menganalisa dan memahami tingkat popularitas, ketertarikan, serta kepuasan pengguna Facebook akan konten blog/web yg di-share melalui Facebook. Kita dapat mengetahui jumlah "likes", sends", "shares", klik, impressions, "recommend", popular pages, asal/negara user, dan lain sebagainya. Bagi anda yg telah menggunakan widget semacam Facebook Like dan telah membuat Facebook Page dan Facebook Like Box, Facebook Insights menjadi sarana ampuh untuk melihat efektivitas serta pengaruhnya. Tentunya, bagi anda yg ingin mengontrol dan meningkatkan traffic blog dengan Facebook, Facebook insights merupakan tool yg sangat bermanfaat. Seperti halnya Google Analytics maupun Google Webmaster Tools, Facebook Insights memberikan kita gambaran yg sangat jelas mengenai tingkat popularitas dan metrics blog /web di mata user (pengguna/pengunjung) Facebook.

Cara Mendapatkan Facebook Insights untuk Blog/Website

Agar dapat menggunakan layanan Facebook Insights, kita harus melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
2. Klik tombol "Insights for Your Website"
3. Setelah muncul pop up window, isikan data berupa nama domain, pilih account atau page yg ingin di kaitkan (link). Dalam contoh berikut, saya memilih linking dengan account Facebook saya.
4. Copy meta tag (meta property) seperti yg dicontohkan dan ditandai dengan kotak merah pada gambar di atas.
5. Letakkan meta tag di bawah <head>. Untuk pengguna blogger, masuk melalui halaman "Edit HTML", cari tag <head>.
6. Save template.
7. Kembali ke halaman Facebook Insights, kemudian klik "Get Insights".

Untuk melihat Facebook Insights blog/website atau page Facebook, klik "Select Insight" dan pilih nama website/page pada menu dropdown yg muncul.
Kini, anda dapat melihat progress website/blog di halaman-halaman facebook serta mengetahui jumlah share (likes, sends, shares), tanpa harus menilik halaman anda satu persatu untuk melihat jumlah yg ditayangkan oleh plugin-plugin  Facebook. Berbagai jenis share dapat dilihat dalam satu halaman Facebook dan terbagi dalam 3 jenis breakdown waktu: day, week, dan month. Masih banyak lagi fitur insights yg saya yakin dapat sangat membantu usaha peningkatan popularitas dan traffic blog serta, tentu saja, penjualan produk (marketing).

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com